Permainan Tradisional Solusi Trauma Healing Bagi Anak Pasca Gempa Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i`1.12Keywords:
Pengabdian, trauma, bencanaAbstract
Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa bukan berarti mengajar masyarakat tentang sesuatu yang terbaik untuk mereka, tetapi melakukan pemberdayaan sebagai sebuah proses pencarian (research) yang dilakukan bersamasama untuk mencari jalan terbaik dalam penyelesaikan persoalan yang mereka hadapi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa trauma healing yang dilakukan pada anak-anak adalah untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca bencana, agar dapat membantu semangat kembali seperti sebelum adanya bencana yang terjadi dengan berbagai macam permainan yang dilakukan baik individu maupun kelompok serta pemberian materi yang bertujuan untuk meningkatkan karakteristik pada diri anak. Adapun pelaksanaan trauma healing menggunakan metode Participatory Rapit Appraisal (PRA) atau penilaian desa secara partisipatif yang dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti observasi, survei dan wawancara.
References
Cameron, Lynne. 2001. Teaching English to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press. Hapsari, A., Nurlaela, S., & Titisari, K. H. (2019). Human Resources Optimization and Utilization of Accrual Based Accounting Information Technology on Performance of Surakarta City Government Financial Reporting. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 3(01), 43-46.
Idrus, M. (2016). Mutu Pendidikan Dan Pemerataan Pendidikan Di Daerah. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.
Katili, A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Tan Pengetahuan Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Pengabdian Pada Masyarakat.
Mandang, Lumanauw, & Walangitan. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntasi, vol. 5, No.3, pp. 4324- Mei Anjarwati, Bambang Mursito, Sarsono / Edunomika Vol. 04 No. 01 Februari 2020.
Nugroho, d. (2012). Sekolah Petra (Penangan Trauma) Bagi Anak Korban Bencana Alam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 98.
Samatkulov, Damir (2022). Trauma Healing: Pengertian, Fase,Metode, dan Jenis Terapinya. Trauma Healing: Pengertian, Fase, Metode, dan Jenis Terapinya (gramedia.com) . diakses 06 Mei 2022
Rahmawati, Dina (2021). Mengenal Fun Learning, Metode yang menyenenagkan untuk anak. https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-fun-learning-metode-belajar-yang-menyenangkan-untuk-anak . Diakses 06 Mei 2022
Winda,Karmelita.(2022).Mengenal apa itu Play Therapydan apa Manfaatnya untuk Anak. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/winda-carmelita/mengenal-apa-itu-play-therapy-dan-manfaatnya- untuk-anak/5 . Diakses 07 Mei 2022 Indonesia Student.