Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes

Authors

  • Nuroksi Apipah Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Dumadi Dumadi Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.13

Keywords:

Penetapan Harga Jual, Motivasi, Dampak Pelatihan

Abstract

Penetapan harga jual produk merupakan salah satu jenis suatu keputusan manajemen yang begitu penting. Para pelaku usaha harus tepat dalam menentukan harga jual haruslah tepat. Salah satu kendala yang dihadapi paara pelaku UMKM tersebut adalah kurangnya pengetahuan dalam aspek keuangan, seperti penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) sebagai dasar dalam menentukan harga jual produk. Masalah tersebut dirasakan juga oleh pelaku usaha di Desa Parereja. Berdasarkan hasil observasi awal, tim pengabdian masyarakat mendapatkan informasi mengenai kurangnya pendampingan pelaku usaha dalam menentukan harga jual produk.. Kegiatan utama yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan penentuan harga jual produk. Tujuan kegiatan pengabdian ini |adalah untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam menentukan harga jual produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM mampu melakukan perencanaan keuangan pada bisnisnya. Berdasarkan hasil dari evaluasi, pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM meningkat setelah dilaksanakan pendampingan ini. Hal ini dapat menambahkan pengetahuan pembukuan sederhana keuangan yang baik, para pelaku usaha di Desa Parereja, Brebes diharapkan menjadi lebih maju, lancar, dan berkembang dalam menjalankan bisnisnya.

References

Ariyani, Deva, Slamet Bambang Riono, Hendri Sucipto, Prodi Manajemen, dan Universitas Muhadi Setiabudi. 2022. “Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual.” KREATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (3): 100–106.

Dwi Harini, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh. 2020. “Analisis Sistem Akuntansi Keuangan Daerah di Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Brebes.” Syntax Idea 2 (3): 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i3.154.

Ernitawati, Andi Yulianto; Mukson; Otong Saeful Bachri; Slamet Bambang Riono; Yenny. 2020. “Manajemen Tatakelola BUMDES: Mengelola Pemasaran Produk.” JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 1 (1). http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/234/jamu.

Evan Bawiling, Victorina Z Tirayoh. 2014. “Analisis Perhitungan Harga Pokok dan Perlakuan Akuntansi Atas Produk Sampingan Pada Ud Sinar Sakti” 2 (2): 745–54.

Fauzi, Indra, Horia Siregar, dan Abdul Malik. 2020. “Bimbingan teknis penetapan harga jual suatu barang dalam peningkatan penjualan pada usaha kecil mandiri di desa medan senembah kecamatan tanjung morawa kabupaten deli serdang sumatera utara,” 161–65.

Fredericho Mego Sindoro a, 1,*, Windasari Rachmawati b, 2, Abdul Karim. 2022. “Penentuan Harga Pokok Penjualan pada UMKM di Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang” 2 (June): 13–19.

Mulyati, Henny, Bisnis Ahmad, Dahlan Jakarta, Bisnis Ahmad, Dahlan Jakarta, Bisnis Ahmad, dan Dahlan Jakarta. 2021. “Pelatihan Penentuan Harga Jual Normal ( Normal Pricing ) bagi Kuliner Binaan Pusat Majelis Ulama Di Masa Pandemi Covid-19.”

Nurjanah, Yayuk, Harga Jual, Harga Pokok Penjualan, dan Harga Pokok Produksi. 2016. “Pelatihan Akuntansi Penetapan Harga Jual Bagi UMKM Kota Bogor” 1: 5–8.

Prasetyo, Iwan, Wyati Saddewisasi, dan Agus Prasetyo. 2021. “Penerapan Strategi Penentuan Harga Jual dalam Menunjang Kesuksesan Usaha UMKM Aneka Snack” 12 (2): 305–9.

Rachman, Tahar. 2018. “Penetapan Harga.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Rini Astuti, Mawar Ratih K), Lina Saptaria. 2021. “Strategi Penetapan Harga Jual Produk Pupuk Organik Bahan Baku Limbah Cincau Hitam Untuk Meningkatkan Keuntungan UD Rsa Kediri” 2 (4): 1103–12.

Riono, Slamet Bambang. 2021. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Diedit oleh Roby Setiadi. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Runtu, Treesje, Harijanto Sabijono, dan Christanti Natalia Soei. 2014. “Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada Ud. Sinar Sakti.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2 (3): 208–17.

Sarjana, Bagus, Made Ary Meitriana, dan I Wayan Suwendra. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Harga Perumahan Di Kabupaten Buleleng.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 10 (2): 356. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20041.

Slamet Bambang Riono. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam.” Jimak (Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan) 1 (3). cccxx.

Subianto, Totok. 2007. “Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekonomi Modernsasi 3: 165–82.

Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021).

Warpuah, Dwi Harini, Slamet Bambang Riono. 2022. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Kluban di Banjaratma).” Jurnal Akuntansi dan Bisnis (Akuntansi) 2 (1): 49–57. http://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/JIAB/article/view/154.

Yasinta, Putu Yesi, Made Nuridja, Anjuman Zukhri, Jurusan Pendidikan Ekonomi, dan Fakultas Ekonomi. 2012. “Produk Sampingan Pada Ud . Sari Nadi Singaraja.”

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Nuroksi Apipah, Dumadi Dumadi, & Slamet Bambang Riono. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 01–10. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.13