Penerapan Model Team Games Tournament Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Bekasi

Authors

  • Ana Yunitasari Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.18

Keywords:

model pembelajaran, metode pendidikan, pendidikan agama islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Team Games Tournament pada penyampaian materi pembelajaran PAI di jenjang sekolah menengah. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek 55 siswa kelas XI yang dijalankan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Permasahalan yang dihadapi di sekolah menengah saat pembelajaran tatap muka pasca Covid-19 adalah kurangnya tingkat kepercayaan diri siswa untuk saling berkomunikasi antar teman saat menyampaikan materi dan tingkat motivasi belajar siswa yang menurun. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki sikap saling berjuang mempertahankan dan memenangkan masing-masing kelompoknya, melatih tingkat kepercayaan diri siswa untuk mengutarakan jawaban dan informasi yang tepat dari materi yang dipelajarinya melalui pertanyaan yang berhasil dijawab, menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan saat belajar, dan mengapresiasi siswa untuk senantiasa semangat dalam belajar. Model tersebut menjadi salah satu rekomendasi yang efektif untuk digunakan bagi para pendidik saat menyampaikan pembelajaran di ruang kelas.

References

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Dianawati, E. P. (2022). Metode “Ujian Lisan dan Cerdas Cermat” Untuk Memotivasi Keseimbangan Hard Skills dan Soft Skills Siswa SMK. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42420

Hamzah, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking bagi Siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. 6.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. 7(1), 26.

Khuliani, D. E., Naharin, S., Ayu Kinesti, R. D., Fahrida, F., Ulya Khoirina, Faza Nuril, & Ulfa, Z. (2021). Pemberian Reward Bagi Siswa Berprestasi sebagai Strategi Guru Kelas dalam Pembelajaran di SD ALMA’SOEM BANDUNG. El Midad, 13(2), 101–115. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4025

Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. 4(2), 19.

Najamudin, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Woha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1641

Nurhasanah, N. (2019). Penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta PAI materi Ekonomi Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 43–65. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2929

Rahayu, Y. M. (2016). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. 3, 21.

Rohman, M. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial Kultural. Jurnal Pendidikan Islam, 9, 15.

Rosyadi, M. I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. QUALITY, 7(2), 64. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5058

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ana Yunitasari, & Yayat Suharyat. (2022). Penerapan Model Team Games Tournament Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 44–51. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.18