Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM3) dalam Kegiatan Mengajar Pada SD Inpres Kelapa Tiga 1
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.26Keywords:
Kampus Mengajar,, Merdeka Belajar, Inovasi PembelajaranAbstract
Implementasi Kampus Mengajar ini bertujuan bagi mahasiswa untuk menjadi partner guru dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi pembelajaran. Selanjutnya program ini dapat menjadi sarana aktualisasi dan kepedulian mahasiswa untuk berkontribusi pada pendidikan bangsa sekaligus memberi inspirasi nyata siswa di SD dan SMP. Metode pelaksanaan ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: pembekalan, penugasan, observasi, perumusan rancangan kegiatan, implementasi kegiatan serta evaluasi kegiatan. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah Guru merasa terbantu dengan kehadiran para mahasiswa dalam upaya mendampingi siswa-siswa dalam belajar setelah terdampak Covid 19. Dan selanjutnya bagi siswa di sekolah, mereka mendapatkan perhatian dan pendampingan khusus dalam belajar yang dapat membuat mereka nyaman dan merasa bersemangat dalam belajar. Para siswa juga mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
References
Aan, Widiyono, Irfana Saidatul, and Firdausa Kholida. 2021. “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar.” METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 16 (2): 102–7.
Alam, Sahrul, Hestikah Eirene Patoding, and Rezki Amaliah. 2022. “Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 1 Program MBKM Di UPT SPF SD Negeri Layang IV / 72 Kota Makassar Pendahuluan” 3 (3): 614–22.
Meilia, Amajida Triska, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sultan, Ageng Tirtayasa, Pendidikan Sejarah, and Kampus Mengajar. 2022. “Aktualisasi Program Kampus Mengajar.” Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An 17 (2): 120–28.
Rahmad Risan. 2022. “Identifying the Characteristics of the Student : An Evaluation for English Teachers Pedagogical Competence.” Journal of English Language Teaching 11 (2): 147–59. https://doi.org/10.24036/jelt.v11i2.116598.
Risan, Rahmad. 2021. “Identifying the Use of Quizzes for Students during Online Learning.” JEOPALLT 9 (02): 52–63. https://jurnal.unsur.ac.id/jeopallt/article/view/1782.
———. 2022. “AKSESIBILITAS DIGITAL LEARNING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI PERGURUAN TINGGI.” Joyful Learning Journal 7 (3): 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230.