Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu

Authors

  • Marthen Mau Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.34

Keywords:

Kompetensi; guru PAK; membimbing; kepribadian.

Abstract

Kompetensi guru pendidikan agama Kristen dalam membimbing kepribadian peserta didik sangat dibutuhkan pada setiap satuan pendidikan termasuk SMK Negeri 1 Parindu. Di SMK Negeri 1 Parindu telah memiliki empat jurusan yakni jurusan TKR, TKJ, TSM, dan DPIB. Fokus penelitian ialah peserta didik TKR dan TKJ. Di SMK Negeri 1 Parindu pada setiap tahun pelajaran selalu diadakan kegiatan bimbingan non-akademik selain akademik. Kegiatan bimbingan akademik dan non-akademik bertujuan untuk membimbing peserta didik agar mengetahui masing-masing kompetensi peserta didik dan tidak terlibat dalam kegiatan yang merusak kehidupan masa depan mereka. Metodologi penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil yang didapatkan ialah peserta didik SMK Negeri 1 Parindu telah memiliki kompetensi sesuai jurusannya, di bidang non-akademik, dan perubahan karakter, moral, emosional, sosial maupun spiritual yang semakin baik.

References

Ananda, httpswww. google.com#q=Pdf+Pengertian+kompetensi+sosial+menurut+para+ahli+ pendidik (Rabu, 20 April 2011)

Apriani, Elia. Wawancara dengan Wakil Urusan Kesiswaan SMK Negeri 1 Parindu. Pusat Damai: Juni 2017.

Armstrong, M. Manajemen Sumber Daya Manusia, Alih Bahasa, Sofyan Cikmat dan Haryanto. Jakarta: Gramedia, 1994.

Bilo, Dyulius Thomas. Bahan Ajar Pengajaran Tuhan Yesus Guru Agung. Jakarta: SETIA, ….

Cruickshank, Donald R., Jenkins, Deborah Bainer, and Metcalf, Kim K., The Act of Teaching. Boston: Mc. Graw Hill, 2006.

Depdiknas, Standar Kompetensi Dasar Guru. Jakarta: Ditjen Dikti, 2001.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Bandung : Rineka cipta, 2000.

Gultom, Andar, Profesionalisme, Standar Kompetensi dan Pemgembangan Profesi Keguruan. Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Gunarsa, Singgih D. Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1991.

Homrighausen, E.G. dan Enklaa, I.H. r, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK gunung Mulia, 1985.

Homrighausen, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1984.

http://sumut.kemenag.go.id 17 September 2013.

Kusrahmadi, Sigit Dwi. Artikel Sumbangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Watak Bangsa. Yogyakarta: UPT MKU UNY, 2005.

Lemhanas, Pendidikan Kewiraan Untuk Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia bekerjasama dengan Dikti, 1988.

M. Buchori, Psikologi Pendidikan. Bandung: Jemars, 1982.

Mansur, Hamdam. Pengantar Penataran MPK Agama Kristen. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 2003.

Markus. Wawancara dengan Kepala SMK Negeri 1 Parindu. Pusat Damai: Juni 2017.

Marthen Mau. Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik. Jakarta: PT Views, 2016.

__________. Implikasi Teologis Berita Pertobatan Yoel dalam Yoel 2:12-17; MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 1, no 2 (2020):98-111.

__________. Model Pembelajaran Quantum Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 1, no. 2 (2021): 64-79.

__________. Observasi Peserta Didik SMK Negeri 1 Parindu. Pusat Damai: Juni 2021-2022.

Mukminan, Pengembangan Silabus Matakuliah Pengajaran Mikro dan PPL Berdasar KBK. Makalah Seminar dan Lokakarya. Yogyakarta: UNY, 2003.

Nadjib, H.M. Guru Agama dan BK lebih berperan: Koran Pontianak Post. Pontianak: Selasa, 21 Januari 2014.

Parjono. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Nilai. Yogyakarta: UNY UPT MKU 2005.

Penyusun, Tim. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Sadulloh, Uyoh, dkk. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: ALFABETA, 2010.

Sagala, S. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sairin, Weinata. Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia antara Konseptual dan Operasional. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Sanusi, Ahmad. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdikbud, 1991.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Berkenalan dengan aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi. Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2002.

Suparlan, Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hidayat, 2005.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004.

Warsono. Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010

Wilkinson, Bruce H. Teaching With Style. Temukan Apa yang murid Anda ingin Ketahui, Tetapi mereka Takut mengatakannya. Gorgia: Walk Thru th Bible Ministries, 1994.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Marthen Mau. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 01–15. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.34