Pembelajaran Inovatif Berbasis Kahoot Di SD YPPK Hati Kudus Merauke

Authors

  • Diah Harmawati Universitas Musamus Merauke
  • Retno Wuri Sulistyowati Universitas Musamus Merauke
  • Beatus Tambaip Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.36

Keywords:

IPA, Media, Kahoot.

Abstract

Salah satu penyebab mata pelajaran IPA kurang diminati peserta didik di SD YPPK Hati Kudus Merauke adalah cara menyampaikan materi dari guru yang tidak menarik dan sifatnya kontekstual. Perlu pendekatan dan memerlukan media pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik bisa memahami materi dan manfaatnya dalam konteks kehidupan nyata. Salah satunya adalah memanfaatkan melalui Kahoot diharapkan guru mampu menguasai perkembangan zaman dan selalu update informasi terkini dalam memberikan materi kepada peserta didik maupun penggunaan media. Aplikasi Kahoot hadir pada zaman sekarang dimana pada masa ini kecanggihan teknologi sangat cepat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan aplikasi Kahoot sehingga jika diaplikasikan ke peserta didik membuat peserta didik merasa senang karena bentuk soalnya berupa media interaktif yang bisa dikerjakan dan langsung mengetahui nilainya.

References

Ardiansyah. 2020. Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. “Jurnal Matematika Ilmiah”. 6 (2): 145-155.

Atul Wahidah, Nisa ’, and M Chotibuddin. n.d. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Kahoot) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah.” https://litbang.kemendagri.go.id.

Inggriyani, Feby, Nurul Fazriyah, Acep Roni Hamdani, and Ayi Purbasari. 2020. “Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar” 10, no. 1. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Lisnani*, Lisnani, and Gunadi Emmanuel. 2020. “Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 4, no. 2 (December): 155–67. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018.

Lutfi, Lutfi, Siska Kusumawardani, Sri Imawati, and Misriandi Misriandi. 2020. “EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (SD) PADA GURU.” International Journal of Community Service Learning 4, no. 3 (September). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.27999.

Pembuatan Soal Kognitif Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Guru SDN Lirboyo, Pelatihan, Dan SDN Lirboyo, Kharisma Eka Putri, Kukuh Andri Aka, Wahid Ibnu Zaman, Sutrisno Sahari, and Novi Nitya Santi. n.d. “Rian Damariswara 7) , Ilmawati Fahmi Imron 8).” Zahara Violina Afya. Vol. 11. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php.dedikasi.

Riyana Putri, Aprilia, and Muhammad Alie Muzakki. n.d. IMPLEMETASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GAME BASED LEARNING DALAM MENGAHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. https://Kahoot.com/.

Sumber, Dan, Pembelajaran Sd, Nurul Fazriyah, Aas Saraswati, Jaka Permana, Rina Indriani, and Pgsd Universitas Pasundan. n.d. “PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MEDIA.”

Widyasari, Nurbaiti, Apri Utami, Parta Santi, Kartika Sari, Venni Herli Sundi, and Sekolah Dasar. n.d. “7 PELATIHAN KAHOOT SEBAGAI E-ASSESMENT UNTUK GURU SD DI CIKOLE, SUKABUMI.”

Yudha Prawira, Asrori, and Intan Sari Pujayanah. n.d. “PELATIHAN MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN GOOGLE FORM, KAHOOT DAN QUIZZIZ DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 9, no. 1: 112–19.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Diah Harmawati, Retno Wuri Sulistyowati, & Beatus Tambaip. (2022). Pembelajaran Inovatif Berbasis Kahoot Di SD YPPK Hati Kudus Merauke. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 31–36. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.36