GEMBALA BANGSA (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SEKOLAH MINGGU) DI DESA LETBAUN, KECAMATAN SEMAU, KABUPATEN KUPANG – NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Gracia M. N. Otta Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.51

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat, sekolah minggu, respons fisik total

Abstract

GEMBALA BANGSA ( Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Minggu ) merupakan sebuah kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Letbaun, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pengembangan pembelajaran kreatif dan inovatif guna meningkatkan minat belajar serta member pengalaman belajar bagi Guru Sekolah Minggu dan anak-anak Sekolah Minggu khususnya di wilayah pelayanan Klasis Semau Kabupaten Kupang – Nusa Tenggara Timur. Sebagai dasar pelaksanaan pengembangan pembelajaran, metode Total Physical Response (TPR) diaplikasikan melalui permainan dan lagu guna memperkaya kosa kata serta merespon dengan menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan latihan. Dalam kegiatan ini, permainan yang dilatih adalah Whisper-Race Game, Stations, River-Back Game, Take Game, dan Preposition Game. Seperti versi Indonesianya, Whisper-Race Game melatih keterampilan mendengarkan dan ketepatan dalam menyampaikan pesan. Stations adalah penamaan objek sekitar dan anak-anak Sekolah Minggu akan berlatih mencocokkan objek dengan nama yang ditentukan. Nama-nama disesuaikan dengan nama tokoh Alkitab versi bahasa Inggris. River-Back Game melatih keterampilan mendengarkan dan konsentrasi. Take Game juga melath keterapilan mendengarkan dan konsentrasi. Preposition Game dilatih sebagai bagian dari kegiatan ini karena anak-anak Sekolah Minggu juga merupakan pelajar pada Sekolah Menengah Pertama yang belajar materi ini di sekolah. Selain permainan, lagu-lagu Bahasa Inggris bertema Alkitabiah juga diajarkan seperti Deep and Wide (Panjang dan             Lebar), Good Is So Good (Allah itu Baik), Read Your Bible (Baca Kitab Suci Doa Tiap Hari) dan The B-I-B-L-E. Secara umum, dapat diterima dengan baik oleh para peserta Guru Sekolah Minggu. Diharapkan dapat membawa dampak positif di lingkungan belajar Sekolah Minggu.

Kata kunci : pengabdian kepada masyarakat, sekolah minggu, respons fisik total

References

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D.,(2002). The primary English teacher’s guide. England:

Pearson plc.

Claire Hewlett, Hellen Ward, Judith Roden & Julie Foreman. 1988. Teaching Science in the

Primary Classroom: A Practical Guide (Paperback). Paul Chapman Publishing A SAGE

Publications.

Mei , Yin Yong & Yu-jing, J., (2000). From using games in an EFL class for children. Daejin

University ELT Research Paper. Fall, 2000.

http://english.daejin.ac.kr/~rtyson/fall2000/elt/games

Richard, J.C., Schmidt, R., Kendricks,H., & Kim, Y., (2002). Longman Dictionary of Language

Teaching and Applied lingistics.UK: Pearson Education.

Toth, M. 1995. Children’s Games. Oxford: Heinemann.

Peraturan:

Peraturan Gubernur NTT No.56 Tahun 2018 Tentang Hari Berbahasa Inggris.

Surat Edaran Rektor Universitas Nusa Cendana No.1132/UN15.1/TU/2019 Tentang

Hari Berbahasa Inggris bagi Warga Kampus Universitas Nusa Cendana.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Gracia M. N. Otta. (2022). GEMBALA BANGSA (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SEKOLAH MINGGU) DI DESA LETBAUN, KECAMATAN SEMAU, KABUPATEN KUPANG – NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 37–44. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.51