Pengelolaan Manajemen Operasional SDM Dalam Usaha Pembuatan Kerupuk Kamang

Authors

  • Dona Amelia Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Andria Ningsih Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Delfi Hurnis Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Muhammad Nazif Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.56

Keywords:

Manajemen SDM, Manajemen Produksi

Abstract

PKM ini dilakukan di KWT UP3HP Indah Sari di Jorong Ladang Darek, Nagari Kamang Hilia, Kec. Magek, Kab. Agam. Saat ini KWT UP3HP Indah Sari menghadapi berbagai hambatan terkait pembagian tugas dan pola produksi produk, banyak pesanan yang datang namun tidak bisa terpenuhi semuanya karena belum tepatnya pengelolaan manajemen operasional yang diterapkan. Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi kelompok ini dibutuhkan solusi dengan strategi manaajemen SDM secara optimal. Metode yang digunakan dalam memberikan penyuluhan dan pelatihan pengabdian masyarakat ini adalah pretest, ceramah, media penyuluhan, dan postest. Berdasarkan hasil  dan  pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang positif. Karena kegiatan ini dapat membantu KWT UP3HP Indah Sari memahami tentang perlunya manajemen SDM dan produksi dalam pembuatan produk kerupuk kamang agar mempunyai mutu dan kualitas bersaing. Sehingga bisa memenuhi target pesanan yang ditetapkan.

 

 

References

Ahadin, U., Yanuarianto, Triyadi, Permatasari, R. J. dan Turo, T. B. (2019). Penyuluhan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Karang Taruna Cidokom Gunung Sindur Bogor Jawa Barat. Baktimas, 1 (4).

Ardana, I. K., N. W. Mujiati dan I. W. M. Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarno (2012). Serba Serbi Manajemen Bisnis. Jakarta: Graha Ilmu.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Runtu, A. C., Mandey, J., & Ogotan, M. (2016). Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bagian Akademik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Administrasi Publik, 2(30).

Rohman, A., & EI, M. (2017). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Insani (Vol. 63). Duta Media Publishing.

Rahma, Hania. (2012) Buku Acuan Penerapan Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Kota dan Kabupaten. Jakarta, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum.

Widjajanto, 2001. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengedalian Intern, dan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Sukoharjo)

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Dona Amelia, Andria Ningsih, Delfi Hurnis, Muhammad Nazif, & Eka Hendrayani. (2022). Pengelolaan Manajemen Operasional SDM Dalam Usaha Pembuatan Kerupuk Kamang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 62–69. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.56