Website E-Katalog Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Desa Nglebak

Authors

  • Ahmad Wahyu Rafsan Zani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Daffa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Moh. Royhan Advani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Aldo Prakoso Zhatatra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ariiq Elmo Lavansa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Mu’tasim Billah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.61

Keywords:

UMKM, website, pemasaran, e-catalog

Abstract

Digital marketing adalah metode pemasaran yang menggunakan proses pemasaran digital. Digital marketing merupakan hal yang sangat berpengaruh di era sekarang, termasuk untuk UMKM. Penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting dan strategis untuk melihat perekonomian ke depan, terutama untuk memperkuat struktur perekonomian nasional, untuk itu UMKM perlu beradaptasi dengan kondisi saat ini. UMKM di desa Nglebak memiliki permasalahan utama yaitu terkait pemasaran yang masih belum menjangkau luar desa Nglebak. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah website e-catalog untuk mendigitalisasi UMKM agar bisa dilihat oleh masayrakat yang lebih luas. Hasilnya adalah situs web yang memiliki halaman profil desa, daftar UMKM, detail UMKM serta fitur tambah dan edit UMKM untuk admin website.

References

Abdurahman, Muhdar “Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika 1, no. 2 (Juli 2018): 70-78.

Alauddin, Muhammad “FUNGSI UMKM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT” QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine) 5, no. 1 (Februari 2019): 80-90.

Alfiah, Fifit, Sudarji, Rio, Fatah, Dzakwan Taqiyuddin Al “Aplikasi Kriptografi Dengan Menggunakan Algoritma Elgamal Berbasis Java Desktop Pada Pt. Wahana Indo Trada Nissan Jatake” ADI BISNIS DIGITAL INTERDISIPLIN 1, no. 1 (Juni 2020): 22-34.

Danuri, Muhammad “PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL” INFOKAM, no. 2 (September 2019): 116-123.

Hasugian, Penda Sudarto “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI” Journal Of Informatic Pelita Nusantara 3, no. 1 (Maret 2018): 82-86.

Kuryanti, Sandra J. and Indriani, Novita “Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo)” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika 2, no. 2 (April 2018): 37-46.

Risdianti, Novia and Putra, Bramanta Octa Danu “Perancangan Katalog Digital Interaktif untuk Membantu Remaja Putri Memilih Produk Makeup Emina Secara Online” BHAGIRUPA, Jurnal Desain Komunikasi Visual 2, no. 1 (Februari 2022): 22-27.

Suherman, Eman. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta Desain, 2008.

Suryana. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Tambunan, Tulus. UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Ahmad Wahyu Rafsan Zani, Muhammad Daffa, Moh. Royhan Advani, Aldo Prakoso Zhatatra, Ariiq Elmo Lavansa, & Mu’tasim Billah. (2022). Website E-Katalog Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Desa Nglebak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 92–99. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.61