Hubungan Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Nova Enjelia Purba Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Hasudungan Simatupang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Rida Gultom Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/lumen.v2i2.217

Keywords:

Quis Team Type Active Learning Method, Student learning Outcomes

Abstract

The Relationship between the Use of Active Learning Methodes of Quis Team Type and the learning Outcomes of Students in Christian Religius Education and Character Education Class VIII SMP Negeri 4 Tarutung for the 2023/2024 Academic Year” The aim of this research is to determine the positive and significant relationship of using the Quis Team type method on the learning outcomes of students in Christian Education class VIII Negeri 4 Tarutung for the 2023/2024 Academic Year. The method used in this research is a quantitave research method with descriptive and inferential statistical approaches. The population is all class VIII student of SMP Neeri 4 Tarutung for the 2023/2024 academic year, totaling 103 people and sample of 36 people was collected using a positive closed questionnaire with 22 itmes for variable 1) Test the analysis requirements: a) positive relationship tes obtained rxy = 0,567 > rTable (a=0.05,n=36) =0,329. b) Testing a significant relationsip obtained t count = 4,016 > tTable(a=0,05,dk=n-=34) = 2.042. 2) Test the effect: a) Test the regression equation, obtained the regression equation Y=34,36+0,63X. b) Regression coefficient of determination test(r2)= 32,2%. 3) Test the hypothesis using the F test to obtain Fcount > Ftable=(a=0,05, dk numerator k=11, dk denominator=n-2=36-2=34) namely 16.09 > 2.16. Thus Ha is accepted and Ho is rejected. Thesis: Department of Christian Religius Education, Tarutung State Christian Institute.

References

Agus Suprijono, 2010. Cooperative learning teori dan aplikasi PIKEM (Yogyakarta: Pustaka Belajar)

Agung Gusti, 2020. Penggunaan metode pembelajaran team quis sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA, Jurnal of Education Action Research Vol 4:474

Arikunto, 2013. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan (Jakarta PT Bumi Aksara)

Arifin Sainal, 2013. Evaluasi pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Djamarah, 2010. Guru dan anak didik dalam interaksi (Jakarta: Trineka Cipta)

Eka. 2008. Guru sebagai fasilitator (Bandung: PT Karsa Mandiri Persada)

GP Harianto, 2016. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan masa kini, (Yogyakarta: ANDI)

Hasubullah, 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: PT Raja Prasada)

Istarani, 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Medan: Media Persada)

Jihad Asep dan Suyanto, 2013. Menjadi Guru Profesional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. (Jakarta: Erlangga)

Kunandar, 2015. Penilaian Autentik penilaian hasil peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 (Jakarta: PT Raja Gravindo Persada)

Kristanto Paul, 2008. Prinsip dan praktik Pendidikan agak Kristen (Yogyakarta: ANDI)

L Melvin, Silberman, 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Bandung: Nusa Media)

Misaroh DKK, 2010. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quis team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi, jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 nomor 2, November

Pulungan dan Istarani, 2018. Ensklopedia Pendidikan (Medan: CV. ISCOM)

Purwanto, 2007. Pengaruh kosenkuensi perilaku dan motivasi belajar terhadap hasil belajar (Kajian Literatur), Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,

Simatupang Hasudungan, 2020. Pengantar Pendidikan agama Kristen (Yogyakarta: ANDI)

Siregar Muthia Yulianti Anwar, 2018. “Pengaruh Metode Belajar Aktif Quis Team Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI AK SMK Putra anda Binjai.”

Sudjana Nana, 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Posdakarya)

Sari Ningrum Herlinawati, 2014. “Pengaruh Metode Quis Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Aisyiyah Unggulan Gemolong.”

Silberman, 2007. active learning 101 strategi pembelajaran aktif (Yogyakarta: Insan Madani)

Slameto, 2010. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta)

Sumarli, 2021. “Pengaruh Penerapan Metode Team Quis Terhadap Hasil Ranah Kognitif Siswa Kelas IV SD Pada Materi Sumber Energi” Jurnal of Educational Review and Research vol. 4 no.2 December.

Sukardi, 2013. Metodologi Peneletian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Uno. Hamzah B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran (Yogyakarta: PT Bumi Aksara)

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Nova Enjelia Purba, Hasudungan Simatupang, & Rida Gultom. (2023). Hubungan Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 2(2), 89–97. https://doi.org/10.55606/lumen.v2i2.217