Peran Pendidikan Agama Buddha Dalam Membangun Motivasi dan Disiplin Belajar Siswa

Authors

  • Rahula Hananuraga Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.55606/lumen.v1i2.38

Keywords:

Pendidikan, Motivasi, Disiplin Belajar.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui penelitian kepustakaan. Tulisan ini mengkaji tentang peran pendidikan agama Buddha terhadap motivasi dan disiplin belajar siswa. Pendidikan agama Buddha berorientasi dalam membentuk peserta didik yang berakhlak mulia dan berkebhinnekaan global yang berlandaskan pada nilai-nilai agama Buddha serta nilai-nilai Pancasila yang terintegrasi dalam ajaran moralitas, meditasi, dan kebijaksanaan. Motivasi belajar peserta didik dalam agama Buddha dapat dilihat dari enam karakter (cerita) yakni Ragacarita, Dasacarita, Mahacarita, Vitakkacarita, Saddhacarita, dan Budhicarita. Dimana enam karakter tersebut terdapat dalam perilaku seorang individu yang mengalami keadaan batin pada dunia. Disiplin berkaitan dengan tata tertib, aturan, atau norma dalam kehidupan bersama (yang melibatkan orang banyak). Disiplin (aturan moral) untuk mengendalikan diri (samvara), pengendalian bertujuan untuk tidak menyesal (avipattisara), tidak menyesal bertujuan memperoleh kegembiraan (pamuja), kegembiraan bertujuan memiliki kegiuran (piti), kegiuran akan memperoleh ketenangan (pasadhi) sehingga dengan ketenangan akan memperoleh kegembiraan (sukha).

References

Ani. (2022). Analisa Minat Remaja Buddhis Dalam Memahami Kuliah Agama Buddha. Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha.

Budiyanto, S. (2020). Kepemimpinan Religius Bhikkhu di Sekolah Tinggi Agama Buddha. Jurnal Pendidikan.

Dewi, M. P. (2020). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dhammasekha Saddhapala Jaya Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama.

Ismoyo, T. (2020). Konsep Pendidikan Dalam Pandangan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer.

Lamirin. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer.

Priastana, J. (2018). Hubungan Motivasi Berorganisasi Pemuda Buddhis Dengan Aktualisasi Nilai Nasionalisme-Religius (Studi Kasus Di Kabupaten Temanggung, Nilai Nasionalisme-Religius (Studi Kasus Di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah). Jurnal Dhammavicaya.

Sadtyadi, H. (2020). Analisis Dampak Pendampingan Dan Pelatihan Model Penilaian Melalui Media Online Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Agama dan Budaya.

Sadtyadi, H. (2020). Keterlaksanaan Pendidikan Agama Buddha Dalam Implementasi Kurikulum . Jurnal Agama dan Budaya.

Setyaningsih. (2019). Analisis Sekolah Minggu Buddhis Di Griya Samadhi Santighosa. Jurnal Pencerahan.

Sukodoyo. (2017). Motivasi Menjadi Guru Sekolah Minggu Buddhis Di Vihāra-Vihāra Kecamatan Getasan-Kabupaten Semarang. Jurnal Dhammavicaya.

Sularto. (2020). Tugas guru agama buddha dan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Jurnal Bahusacca.

Suntoro. (2019). Literasi Informasi Guru Pendidikan Agama Buddha Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Susilo, A. (2021). Karakter Siswa Terhadap Motivasi Belajar Dalam Perspektif Agama Buddha Pada SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Rahula Hananuraga. (2022). Peran Pendidikan Agama Buddha Dalam Membangun Motivasi dan Disiplin Belajar Siswa. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(2), 01–15. https://doi.org/10.55606/lumen.v1i2.38