PKM Pemanfaatan Information and Communication Technology (ITC) Dalam Pembelajaran di SMK

Authors

  • Andri Andri Universitas Indraprasta PGRI, DKI Jakarta
  • Julizal Julizal Universitas Indraprasta PGRI, DKI Jakarta
  • Rudi Prasetya Universitas Indraprasta PGRI, DKI Jakarta
  • Reko Syarif Hidayatullah Universitas Indraprasta PGRI, DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.16

Keywords:

Pemanfaatan, Information and Communication Technology, Pembelajaran.

Abstract

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi atau lebih dikenal dengan istilah ICT (Information and Communication Technology) sangat penting di era globalisasi. Penggunaan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network/intranet maupun internasional network/ internet, sudah bukan saja sebagai kebutuhan primer namum juga sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian banyak kalangan. Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional juga telah merespon keadaan di atas dengan merumuskan kebijakan peningkatan akses, efisiensi, efektivitas dan kualitas pendidikan serta manajemen pendidikan melalui implementasi ICT. Dengan pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan sangatlah perlu, agar kualitas sumberdaya manusianya yang merupakan produk dari pendidikan itu semakin baik dan dapat bersaing dalam dunia yang berbasiskan teknologi, dan dalam hal ini  kami memandang perlunya pelatihan tentang pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di sekolah, namun perlu disadari bahwa apapun media yang digunakan prinsip pendidikan tetap dipegang teguh. Umumnya, pemanfaatan ICT dalam pendidikan menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) beserta aplikasinya, seperti: perangkat komputer yang tersambung dengan jaringan internet, LCD atau proyektor, CD pembelajaran, televisi, bahkan menggunakan web atau situs-situs tertentu dalam internet. Dukungan koneksi berbasis web (internet) sangat diperlukan, hal ini memungkinkan para siswa, pegawai maupun guru melaksanakan aktifitas pembelajaran tidak harus selalu bertatap muka secara langsung, akan tetapi bisa dengan cara online yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dampak positif pembelajaran dengan media ICT adalah:   Lebih efektif, Siswa terlihat lebih bersemangat, Meningkatkan pengetahuan tentang teknologi, Mudah dalam mencari informasi.

References

Alan Januszewski, 2001, Educational Technology : The Development of a Concept, Librarion unlimited.Inc

Budi Sutedjo,(2002), Perencanaan dam Pembangunan istem Informasi, Penerbit ANDI Yogyakarta

Blank , C.J. (2000). “A Ten Level Web Integration Continu for Higher Education”. Idea Groub Publishing

Departemen Pendidikan Nasional,2005, Kebijakan Pemerintah Dalam Pengembangan TIK Di Bidang Pendidikan, Jakarta

Rochaeti, E., Rahayuningsih, Pontjorini dan Yanti,G.P., (2006), “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan”, Jakarta: Bumi Aksara.

Surat kabar harian Sumatera Ekspress pada hari Senin, tanggal 3 Juni 2013

UNESCO , 2003 : “Information And Communication Technology In Education A Curriculum For chools And Programme Of Teacher Development” Prance

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Andri Andri, Julizal Julizal, Rudi Prasetya, & Reko Syarif Hidayatullah. (2022). PKM Pemanfaatan Information and Communication Technology (ITC) Dalam Pembelajaran di SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 26–34. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.16