Pengaruh Penerapan Permainan Edukatif Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Tampahan Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2024/2025

Authors

  • Mita Analisa Sipayung Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Rida Gultom Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Oloria Malau Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Tiurma Barasa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Pestaria Pestaria Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v3i2.514

Keywords:

Educational Crossword Puzzle Game, Student Learning Motivation, Learning Process

Abstract

The study aims to determine whether the educational crossword puzzle game can create, build, and change students' learning motivation and the learning process in class VIII of SMP Negeri 1 Satu Atap Tampahan. The research method used is quantitative with a pre-experimental design type in the form of One group pretest-posttest. The population of all classes VIII is 90 people and a sample of 31 people using purposive sampling. The closed questionnaire instrument consists of 20 items. The results of the data analysis show that there is an influence of the educational game method used by the teacher on students' learning motivation, as evidenced by the significant test obtained a value of t count> t table, namely 6.669> 2.042, it is concluded that H0 is rejected and Ha is accepted.

References

Amalia, N., Cahyaningsih, U., & Kurino, Y. D. (2021, September). Studi literatur: Teka-teki silang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 238–241).

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Arsyad, F. A. (2023). Penerapan media pembelajaran teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa sumbe kelas V SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa [Skripsi, Universitas Negeri Makassar].

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Foeh, M. L. (2024). Meningkatkan hasil belajar agama Kristen melalui model kooperatif tipe TPS dengan media crossword puzzle untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Kupang. Jurnal Kolaborasi, 5(4), 465–471.

Habsy, B. A., Lutfiah, Z. R., Sholihuddin, N. S., Nurarifah, D. Y., & Alfath, I. (2024). Konsep motivasi dan perannya dalam pembelajaran. TSAQOFAH, 4(1), 529–544.

Kartiani, B. S. K. B. S. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 6(2), 212–221.

Natsir, T. A. L. (2021). Pengembangan alat permainan edukatif anak usia dini: Sebuah kajian teori dan praktik.

Permana, S., & Sintia, N. I. (2021). Penerapan metode pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Baiturrosyad Lembur Awi Pacet. RESOURCE | Research of Social Education, 1(1), 18–27.

Qadafi, M. (2021). Pengembangan alat permainan edukatif untuk pendidikan anak usia dini. Sanabil.

Rosadah, S. (2012). Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis permainan edukatif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada bidang studi IPS Ekonomi (Studi Eksperimen di MA Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon) [Disertasi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon].

Said, A. (2017). 95 strategi mengajar multiple intelligences. Prenada Media.

Saputra, A. (2019). Permainan edukatif untuk anak usia dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113.

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600.

Siberman, M. L. (2018). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia.

Siburian, M. (2022). Peningkatan hasil belajar pendidikan agama Kristen dengan metode bermain peran di SMP Negeri 1 Sunggal. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 3(1), 32–49.

Sihotang, I. W. M., Silalahi, J., & Butar-butar, I. (2023). Efektivitas metode bermain peran dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Kristen di kelas VIII SMP Negeri 1 Galang TA 2023/2024. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), 4708–4722.

Srirahayu, P. (2019). Pengembangan media pembelajaran teka-teki silang pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar [Disertasi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh].

Tanduklangi, R. (2020). Analisis tentang tujuan pendidikan agama Kristen (PAK) dalam Matius 28: 19–20. PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 47–58.

Zarury, I., Monia, F. A., & Zuriyati, Z. (2024). Penerapan TTS (teka-teki silang) pada buku ajar Budi Pekerti kelas II di Sekolah Dasar Negeri 04 Kubang Putiah. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Zulkarnain. (2018). Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Inpres Perumnas III Kota Makassar [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar].

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Mita Analisa Sipayung, Rida Gultom, Oloria Malau, Tiurma Barasa, & Pestaria Pestaria. (2025). Pengaruh Penerapan Permainan Edukatif Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Satu Atap Tampahan Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 3(2), 103–112. https://doi.org/10.55606/jutipa.v3i2.514

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)