Efektivitas Metode Pembelajaran Menggunakan TIK Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Yuferlinus Waruwu Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.81

Keywords:

Metode, Pembelajaran, TIK, Kualitas, Pendidikan Agama Kristen.

Abstract

Memasuki period digital dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat, telah membawa perubahan yang signifikan dalam percepatan dan inovasi penyelenggaraan pendidikan diberbagai belahan dunia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru, bahwa  practitioner harus memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, fokus penelitian ini yakni pemanfaatan teknologi informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen dalam pendidikan sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman dan langkah- langkah praktis pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran di sekolah- sekolah. Tulisan ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatanan kepustakaan untuk menyajikan masalah, analisis dan pengumpulan data. Penelitian kualitatif mengacu pada makna, konsep, definisi, dan deskripsi terhadap sesuatu yang diteliti oleh peneliti atau penulis. practitioner pendidikan agama Kristen harus dapat berinovasi dengan teknologi informasi dan komunikasi agar  practitioner dapat mengerti dan memahami setiap perkem bangan dan kemajuan zaman yang akan lebih menuntut  practitioner untuk lebih kreatif. Sebagai kesimpulannya bahwa Guru PAK akan berupaya meningkatkan tanggung jawab lewat mengikuti pelatihan tahun ini dengan tujuan agar lebih mengetahui cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

References

Budiana. H.R. Sjafirah. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis.” 4, no. 1 (2015): 59–62.

Adam, Steffi dan M. T. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam.” CBIS Journal (2015).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2014.” Permendikbud Tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi. Last modified 2014. Accessed March 10, 2023. https://peraturanpedia.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-14-tahun-2014/.

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.

Ering, Aljunaika E, and Paultje Tampa. “Tanggung Jawab Guru PAK Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Psychology" Humanlight" 2, no. 2 (2021): 13–25. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight/article/view/699%0Ahttps://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight/article/download/699/538.

Bastudin. “Hambatan Utama Penggunaan TIK Dalam Pembelajaran Dan Strategi Mengatasinya.” Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Provinsi Sumatera Selatan. Last modified 2021. Accessed March 13, 2023. https://suyanto.id/hambatan-utama-penggunaan-tik-dalam-pembelajaran-dan-strategi-mengatasinya/.

Ajizah, I. “Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Istighna 4, no. 1 (2019): 25–36.

Ndruru, Emanuel Kristinus, Yuliusman Laia. “Model Yesus Sebagai Guru Agung Menjadi Acuan Bagi Guru Pak Sebagai Pendidik Profesional.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat Vol.1, 1, no. 2 (2023): 11–20.

Simon Runtung. “Pendidikan Kristen Dalam Pelayanan Penggembalaan.” Jurnal Jaffray 3, no. 1 (2005): 36.

Ndruru, Emanuel Kristinus. “Mengimitasi Kepemimpinan Yang Berkualitas Berdasarkan Yosua 1:1-18.” Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 51–62. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST.

Sisfotenika, Jurnal. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Teologi Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi Improving The Quality Of Information , Communication Technology Based Theology Learning.” JURNAL SISFOTENIKA 11, no. 1 (2021): 67–79. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Yuferlinus Waruwu. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Menggunakan TIK Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.81