Meretas Tipe Kepemimpinan Militeristis Dalam Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Digital

Authors

  • Mega Intan Tambunan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Trivena Br Nadeak Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Ibelala Gea Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.84

Keywords:

Tipe Kepemimpinan Militeristis; Kepemimpinan Kristen; Era Disupsi Digital

Abstract

Peningkatan tipe kepemimpinan militeristis dalam kekristenan di era disrupsi digital ini juga dipicu oleh adanya covid-19 yang melanda negara Indonesia dan membuat percepatan-percepatan teknologi yang semakin meningkat. Adapun inti masalah yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bagaimana kekurangan dan kelebihan kepemimpinan tipe militeristis, melihat bagaimana kepemimpinan Kristen diera disrupsi digital. Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengajak para pembaca mengerti tipe kepemimpinan militeristis ini di dalam kekristenan di era disrupsi digital ini, Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data metode kualitatif. Pemimpin Kristen harus siap dengan digitalisasi sistem pengajaran praktis dan efisien sehingga tidak ada ketertinggalan teknologi yang terjadi. Maka dari itu dibutuhkan seorang pemimpin Kristen yang membuka matanya lebar-lebar  terhadap era disrupsi digital.

References

Asaf Kharisma Putra Utama, Dedy Katarso, Sari Saptorini. “Media Digital Dalam Pemuridan Generasi Muda Kristen Di Era Industri 4.0.” Jurnal Teolodi Dan Kepemimpinan kristen 3, no. 2 (2022): 64.

Cecilia S. Bangun, Suryari Pratama. “Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah).” Adimas: Adi Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2022): 92.

I Luh Aqnez Sylvia, S.S, S.Th, M.Si. SERVANT LEADERSHIP (KEPEMIMPINAN YANG MENGHAMBA) Konsep Dan Implikasi Dalam Kepemimpinan Kristen. Edited by M.Pd.K Jenri Ambaria. Jawa Barat: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata), 2021.

Marlina, Leny. “Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan.” Ta’dib XVIII, no. 2 (2013): 224.

Mattayang, Besse. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis.” Jemma| Jurnal Of Economic, Management And Accounting 2 (2019): 8.

Omnesimus Kambodji, Paulus Sugeng Widjaja. “Tinjauan Teologis-Etis Terhadap Banalitas Kejahatan Korupsi.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 276.

Priskila Issak Benyamin, Ucok P. Sinaga, Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘PLATFORM’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 6, no. 1 (2021): 63.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 2.

Sanderan, Rannu. “Dilema Kepemimpinan Kristen, Tuhan Atau Atasan? Unsur-Unsur Fundamental Bagi Pemimpin Kristen Demi Mengejawantahkan Imannya Dalam Profesi Dan Pengabdian.” SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 13.

Siahaya, Johannis. “Kepemimpinan Kristen Dalam Pluralitas Indonesia.” Teruna Bhakti 1, no. 1 (2018): 6–7.

Silitonga, Jekoi. Parenting Leadership. Yogyakarta: Andi Publishing, 2017.

Sitompul, Einar M. Gereja Menyikapi Perubahan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Susanto, A.B. Meneladani Jejak Yesus Sebagai Pemimpin Implementasi Perilaku Yesus Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Yogyakarta: Andi Publishing, 2006.

Yakub Hendrawan Perangin Angin, Tri Astuti Yeniretnowati. “Ketahanan Iman Kristen Di Tengah Era Disrupsi.” Jurnal Teologi 1, no. 1 (2020): 84.

Yohanes Madhu. BELAJAR TOKOH KONTROVERSIAL. Jawa Timur: Yayasan Terang Warta Rohani, 2016.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Mega Intan Tambunan, Trivena Br Nadeak, & Ibelala Gea. (2023). Meretas Tipe Kepemimpinan Militeristis Dalam Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Digital. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(2), 14–25. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.84