Pengaruh Model Games Based Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa PAK Kelas XI SMA Negeri 1 Purba Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2024/2025

Authors

  • Silvia Ningsih Berutu Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Maria Widiastuti Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Risden Anakampun Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Tahadodo Waruwu Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Dame Taruli Simamora Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i4.383

Keywords:

Games Based Learning Model, Student Learning Activeness

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of the Games Based Learning Model on the Learning Activeness of Class The research method used is a quantitative method with a descriptive inferential type. The population was 182 students of Class Data was collected using a closed questionnaire with 14 items for variable Y and 18 items for variable 2025 is shown through: 1) Test analysis requirements: a) positive relationship test obtained rxy = 0,308 > rtabel(α=0,05; IK=95%; n=49) = 0,281.  b) a significant relationship test is obtained from the value thitung = 2,222 > ttabel = 2,021. 2) influence test: a) regression equation test, obtained the regression equation Ŷ  = 42,221  (α) + 0,365 (X).  b) regression coefficient of determination test (r2) = 9,5%. 3hypothesis testing using Fhitung  > Ftabel=(α=0,05,dk pembilang n-1=48, dk penyebut=n-2=49-2=47) yaitu 4,938 > 1,620.Thus H0 is stating there is no influence is rejected and Ha which states there is an influence is accepted.

 

References

Abd Rahman BP. Jurnal Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan, Kajian Pendidikan, Vol 1, 2022.

Akrim, Buku Ajar Strategi Pembelajaran, Sumatra Utara : Umsupress. 2022.

Agus Purnomo, dkk, Pengantar Model Pembelajaran. (Lombok : Hamjah Diha Foundation 2022)

Ahdar Djamaluddin & Wardana, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Cv. Kaaffah Learning Center. 2019.

Arikunto Suharsimi, Prosedur-Prosedur Penelitian. (Jakarta : Rineka Cipta 2002)

Asmaka R. A. Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi peluang, Ikip Pgri Bojonegoro.2019.

Astriyana, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Games Based Learning, Sosial dan Budaya Syari I, 2023.

Asratul Hasanah, Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan Siswa. Universitas Padang, Vol 2.

Aurelia Dwika Aresty & Suparno, Jurnal Analisis Faktor-Faktor Pendorong Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari (Kajian Teori), Vol 3, No 3.2023.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012.

B.S Sidjabat, Mengajar Secara Profesional : Sebuah Perspektif Kristiani, Jakarta

Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Basir M & Dewantara A. T. B . Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara III, Vol 2, 2021.

Cepi Supriatna, Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Active Dabate Tari Melalui Blended Learning, Vol 1,2021.

Djamarah & Syaiful Bahri. Strategi belajar mengajar. PT. Rineka Cipta. 2014

Diamond, A. (2022, Juli 19). Game Based Learning: Definition and Examples. Dipetik 6 februari 2024.

J.J Hasibuan, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2009.

Edin Sinaga, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Kristen Melalui Metode Permainan Puzzles Pictures Games, Vol 3, 2023.

Faqih Abdul Bashir dan Bramastia, Implementasi Games Based Learning Berbasis Digital, 2021

Firosa Nur Aini, Pengaruh Games Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar, vol 6, 2018.

Ika Febriana Wati, Analisis Kebutuhan Terhadap Bahan Ajar Games Based Learning Terintegrasi Karakter Kreatif, Pendidikan Karakter Vol 11, No 2 (Malang:2020)

Kartika Yuni Purwanti, Game Based Learning dengan perfect number untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, (Jawa Tengah : Lakeisha 2022)

Komang Redy Winatha & I Made Dedy Setiawan, Pengaruh Games Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar, Stmik Stikom Vol 10, 2020.

Mayasa, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosda Karya, 2012.

Melvin L Silberman, 2009, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung NusaMedia.

M. Sobry Sutikno, Metode dan Model-Model Pembelajaran, Lombok : Holistica, 2019.

Mohammad Uzer Usman, Upaya Optimalisasi KBM, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1976.

Muhammad Najamuddin. 2023 Teacher Like Fun Teacher, Sekar Bakung Residence no.B1

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta : Rieka Cipta, 2012.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. 2005. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Noralia Purwa Yunita dan Richardus Eko Indrajit. “Gamification membuat belajar seasyik bermain game, Yogyakarta : Andi 2022.

Nur Kartika, Memotivasi Siswa Belajar Materi Asam Basa Melalui Media Permainan Rangking One Chemistry Quiz, journal of Unesa Vol 1 No 1 (31 Mei 2012)

Nurfatimah N Affandi L. H.& Jiwandono I. S. Analisis keaktifan belajar siswa kelas tinggi disdn 07 Pada masa pandemi covid-19. Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 5, 2020.

Nugroho Wibowo. Jurnal Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar, Vol 1, 2016.

Ria Rizkia Alvi, Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar, Vol 4 ,2020.

Ririn Oktavia, Games Based Learning (GBL) Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1)(2022)

Rikawati dan Debora Sitinjak, Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif, Educational chemistry, 2020.

Sada, Teori Belajar Aktif Dalam Pembelajaran Pak, 2008/04/29

Selvyen Sophia, dkk Pendampingan dan Strategi Guru dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Sekolah Minggu Melalui Metode Bermain dan Bernyanyi. Batam.Vol.5, No.1, 2022.

Setiawan Salo. Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran 2023.

Siti Kurniati, dkk, mplementasi Strategi Games Based Learning (GBL), of Jeer Vol 3, No 1 (2023)

Sri Wahyuning, Pembelajaran IPA Interaktif dengan Games Based Learning, JSEJ Vol 4 (Oktober 2022)

Wibawa A.C.P,. Game-Based Learning Sebagai Inovasi dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar Pada Masa New Normal, Information Technology and Vocational Education,Vol 3, 2020

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung : CV Alfabeta, 2016.

Winanti, Jurnal Hubungan Antara Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar” Prosiding Konferensi Nasional, Vol 3,2013.

Winatha K. R. dan Setiawan.Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar.Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 10, No 3 (28 Sep 2020)

Yersi Hotmauli Berutu, dkk. Pengembangan Edukasi Teknologi Melalui Game Rohani Kepada Anak Kristen Masa Kini. PrimEarly, Vol 6, No 2. Desember 2023

Zaratuzar, Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa, Institut Agama Islam Negeri

Zainul Abidin, Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa. 2018.

Zulfadli Fahrul Rozi, Pengenalan dan Pengolahan Game Bagi Pemula, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Published

2024-09-30

How to Cite

Silvia Ningsih Berutu, Maria Widiastuti, Risden Anakampun, Tahadodo Waruwu, & Dame Taruli Simamora. (2024). Pengaruh Model Games Based Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa PAK Kelas XI SMA Negeri 1 Purba Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 2(4), 299–317. https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i4.383

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>