SIGNIFIKANSI METODE MENGAJAR GURU PAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DAN IMLIKASINYA BAGI PAUD SETIA BANEARA SUMATRA UTARA

Authors

  • Serliana Sasmita Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta
  • Yeremia Hia Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.82

Keywords:

Signifikansi, Mengajar, Guru PAK, Pembentukan, Karakter, Anak.

Abstract

Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pembelajaran formal, non formal dan/atau informal. Pendidikan anak usia dini melalui pendidikan formal berlangsung di TK (Taman Kanak-kanak), rauadutul atfali dan bentuk lain yang sejenis. Sementara itu, Paud berlangsung melalui bentuk pendidikan informal yang disebut KB (kelompok bermain), (TPA) (Taman kanak-kanak dan bentuk lain yang serupa.[1] Dan PAUD Setia Baneara mencoba melakukannya melalui kedua jalur, yaitu formal dan informal, dalam arti tidak hanya menitikberatkan pada pendidikan tetapi juga mencakup permainan agar anak tidak bosan. Disini dibutuhkan peran seorang guru yang tidak hanya fokus pada dunia pendidikan anak, tetapi juga fokus pada karakteristik anak, seperti anak tidak hanya memiliki kepandaian yang besar, namun juga memiliki akhlak baik.

 

[1] Pengalaman Penulis,Masa Pelayanan Satu Tahun,(2022-2023).

References

Masa Pelayanan ,Satu Tahun Pengalaman Penulis ,(2022-2023).

Marsaulina Roce, Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Editor Stenly R. Paparang & Rajiman Sirait (Luwuk: Pustaka STAR’S Lub, 2022). kualitas atau keadaan bertanggung jawab atau sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya

Allen James, As A Man Thinketh & From Poverty to Power, terj. Harris H. Setiajid (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010).

Ezra Jakoep, Success through Character (Yogyakarya: ANDI, 2006)

Lickona Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 2009), versi pdf.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V. Aplikasi Luring Resmi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nata Abuddin, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana,2011)

Repoblik Indonesia Presiden,UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional,(2003).

Awanah, Mu, Strategi Pembelajaran Cet 1 (Kediri: Stain Kediri Press,2011).

Hamid Sholeh, Metode Edutaiment (Jogjakarta: Diva Press,2011).

Slamet.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhi. (Jakarta) Rineka Cipta

M.Nazir,Metode penelitian, (Jakarta: Ghali INDONESIA,1993).

Indriati Etty,Menulis Karya Ilmiah, (Jakarta: Gramedia pustaka Abadi,2000).

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Serliana Sasmita, & Yeremia Hia. (2023). SIGNIFIKANSI METODE MENGAJAR GURU PAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DAN IMLIKASINYA BAGI PAUD SETIA BANEARA SUMATRA UTARA. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.82