Peran Guru Pak Dalam Penerapan Literasi Baca Tulis Di SDTK PNIEL

Authors

  • Deritno Deritno Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta (SETIA) Jakarta
  • Yane Henderina Keluanan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.80

Keywords:

Peran, Guru Pak, Penerapan, Literasi, Baca Tulis, SDTK PNIEL.

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan literasi membaca menulis pada nara didiknya. Pada bagian ini guru dituntut untuk membuat nara didiknya dapat membaca dan menulis dengan baik, akan tetapi kebanyakan siswa yang menganggap renda bahkan tidak membudidayakan hal tersebut yang di lakukan oleg guru. Selain itu, kemampuan literasi baca tulis siswa di SDTK Pniel masih tergolong rendah. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif.  Menurut Sugiyono Penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang alami. Literasi baca tulis sangat di perlukan  untuk mengembangkan keterampilan berdasarkan 4 kompetensi dalam pendidikan. Literasi baca tulis merupakan bagian keterampilan yang paling penting di miliki siswa untuk memperoleh keterampilan lainnya. Setiap siswa harus mampuh mengembangkan keterampilanya. Kesimpulan : Literasi baca tulis memiliki kedudukan, fungsi, dan peran sangat mendasar dan utama. Dengan demikian  literasi ini tidak hanya mendasari makna keseluruhan jenis literasi yang ada sekarang, tetapi juga menjadi tiang pokok dan landasan penguasaan kemampuan literasi lainnya.

References

Andrianti, Sarah. “Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi.” JURNAL FIDEI 1, no. 2 (2018): 232–49. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.

Ariana, Riska. “Metodologi Penelitian,” 2016, 1–23.

Arju Arju. “Tinjauan Teologis Mazmur 150 : 3-5 Dan Implikasihnya Bagi SMTK Setia Se-Indonesia.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 21–30.

Ii, B A B, and A Kajian Teori. “No Title,” no. 23 (2017): 10–24.

Ikhwan, Wahid Khoirul. “Implementasi Standart Isi, Standart Proses, Dan Standart Kompetensi Lulusan Sebagai Standart Mutu Pendidikan MTs Negeri Di Kabupaten Tulungagung.” Journal Pedagogia 4, no. 1 (2015): 16–22.

“PEMBELAJARAN AKTIF DAN KREATIF SKRIPSI Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Dalam Ilmu Biologi Oleh : PUTRI RAHMAWATI NPM : 1711060222 Jurusan : Pendidikan Biologi PROGRAM STUDI PENDIDIK,” 2022.

Susanti. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu : Sebuah Analisis.” Jurnal Pendidikan Tematik 2, no. 2 (2021): 249–54.

Ester P. Setiyowati, Yonatan Alex A, Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (jawa tengah: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2020).

Arju Arju, “Tinjauan Teologis Mazmur 150 : 3-5 Dan Implikasihnya Bagi SMTK Setia Se-Indonesia,” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 21–30.

“PEMBELAJARAN AKTIF DAN KREATIF, PUTRI RAHMAWATI, Pendidikan Biologi PROGRAM STUDI PENDIDIKAN.”

Siti,S 2012 dan Anonimous, balai pustaka Jakarta,1996

Tim penyusun kbbi,pembinaan dan pengembangan bahasa,(balai pustaka,Jakarta,1997(,hlm540.

David Berry,pokok pikiran dalam sosiologi,(LPPS),(jakarta,1981),hlm 96.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Deritno Deritno, & Yane Henderina Keluanan. (2023). Peran Guru Pak Dalam Penerapan Literasi Baca Tulis Di SDTK PNIEL. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i1.80