Peran Guru PAK Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moral Bagi Peserta Didik Usia 7-12 Tahun

Authors

  • Risnayanti Risnayanti Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Yane Henderina Keluanan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.85

Keywords:

peran guru PAK dalam menanamkan nilai moral bagi peserta didik

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru PAK memiliki peran yang sangat penting untuk mendidik anak-anank dalam menanamkan nilai-nilai moral yang sangat baik serta mendidik anak menjadi anak yang taat beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan pengamatan peneliti pada anak usia 7-12, bahwa  guru mempunyai peran  penting dalam memfasilitasi peserta didik dalam proses penanaman nilai  karakter  religius dilingkungan sekolah. Tujuannya adalah untuk mengetahui peran guru PAK dalam mengembangkan moral peserta didik SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode study literatur research atau studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai jurnal yang memiliki kaitan atau hubungan dengan peran orangtua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Metode studi kepustakaan menurut Sugiyono (2018) adalah suatu metode yang mana mengumpulkan kajian teori dan referensi yang bersumber dari literatur literatur ilmiah. Kesimpulan: yaitu guru PAK perlu mensosialisasikan dan membudayakan lingkungan sekolah dalam menegakkan nilai-nilai akhlak dan moral yang benar melalui contoh dan teladan yang baik. Selain itu dalam pengembangan dan penanaman moral pada peserta didik perlu dilakukan control dan bimbingan, pengawasan, evaluasi dan tindak lanjut dari perilaku moral anak tersebut.

References

Adi, Khofifatu Rohma, Neni Wahyuningtyas, Nurul Ratnawati, and Bayu Kurniawan. “Adopsi Dan Adaptasi ICT Dalam Pembelajaran IPS Bagi Generasi Milenial.” In Seminar Nasional Program Studi Pendidikan IPS 2018. Malang: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, 2018.

Bahri, Saiful. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Ta’allum 03, no. 01 (2015): 57–76.

Boersema, Jan A. ETIKA KRISTEN. Edited by Stenly R. Paparang and Edward E. Hanlock. 1st ed. Tangerang- Banten: DELIMA (departemen Literatur dan Media Arastamar, 2014.

Febriany, Rani, and Yusri Yusri. “Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah.” Konselor 2, no. 1 (2013): 8–15.

Ilahi, Muhammad Takdir. Revitalisasi Pendidkan Berbasis Moral. Edited by Rose Kusumaning Ratri. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012.

Noviansah, Ahmad, and Maemunah. “Pendidikan Moral Pada Lingkungan Keluarga Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Mendatang” 11, no. 1 (2020): 33–48.

Pasani, Chairil Faif, Nanik Mariani, and Syaharuddin. “Implementasi Pendidikan Karatkter Berbasis Kearifan Lokal Bakumpai Di SDN Batik Kabupaten Barito Kuala.Pdf.” In Seminar Internasional Pendidikan Berbasis NIlai-Niilai Kebangsaan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, 2016.

Raudah, Ekasari devi, Subiantoro Subiyantoro, and Savira Liza. “Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Siswa Usia Dasar.” Pionir Jurnal Pendidikan 9, no. 2 (2020): 126–135.

Ruslan, Rosma Elly, and Nurul Aini. “Penanaman Nilai Moral Pada Siswa Di SD Negeri Lampeuneurut.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD 1, no. 1 (2016): 68–77.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Fidei 1, no. 2 (2018).

Wijayanti, Indriana. “Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern.” Socarxiv, 2021.

Asmendri, Milyasari“ penelitian kepustakaan ( L Library research) Dalam Peneilitian Pendidikan IPA”, Vol.6, No. 1, (2020), Hal 34

Hendra, 2017. Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Di SMA Laboratorium Malang, Sarjana S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Risnayanti Risnayanti, & Yane Henderina Keluanan. (2023). Peran Guru PAK Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moral Bagi Peserta Didik Usia 7-12 Tahun. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(2), 26–38. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i2.85