Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dan Budi Pekerti dengan Tingkah Laku Peserta Didik Kelas V SD Negeri 173551 Laguboti Tahun Pembelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i4.362Keywords:
Teacher Personality Competence, Student BehaviorAbstract
The purpose of this study is to determine the positive and significant relationship between the PAK Teacher Personality Competition and Ethics and Student Behavior in grade V of SDN 173551 Laguboti for the 2023/2024 Academic Year. The method used in this study is a quantitative method with a descriptive approach. The population is the entire class V students of SD Negeri 173551 Laguboti which totals 54 people and this study is a population study. Data was collected with a positive closed questionnaire of 39 items, namely 19 items for variable X and 20 items for variable Y. The results of data analysis showed that there was a positive and significant relationship between teacher personality competence and the behavior of grade V students of SD Negeri 173551 Laguboti for the 2023/2024 academic year, as evidenced by the following data analysis: 1) A positive relationship test obtained a value of rxy = 0,559 > rtabel(a=0,05,n=54) = 0,226 thus it is known that there is a positive relationship between variable X and variable Y. 2) A significant relationship test obtained a value of tcal thitung= 4,856 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=52)=2,000 thus there is a significant relationship between variable X and variable Y. Thus Ha is accepted and H0¬ which says there is no relationship is rejected.
References
Agus. 2012. Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Andriantoni dan Nurdin. 2019. Profesi Keguruan. Jawa Barat : Raja Grafindo
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosuder Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal, Ma’mur. 2016. Buku Panduan Interelisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press
Aqib dan Sujak. 2016. Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Irama Wydia
Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung : Yrama Widya
Brummelen. 2006. Berjalan Bersama Tuhan di Dalam Kelas, Pendekatan Belajar dan Mengajar Secara Kristen Edisi Ketiga. Jakarta : Universitas Pelita Harapan
Sidjabat, B.S 2009. Mengajar Secara Pofesional Mewujudkan Visi Guru Professional. Bandung: IKAPI
Sidjabat, B.S 2011. Membangun Pribadi Unggul Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter. Yokyakarta: ANDI
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful. 2010. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Gunarsa. 1991. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Gunawan. 2007. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hasibuan, J. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hasibuan, Efendi. 2015. Manajemen Pendidikan berbasis Character Building. Medan: Partama Mitra Sari
Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yokyakarta: ANDI
Homrighausen, E.G. 2012. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta. BPK. Gunung Mulia
Istarani dan Pulungan. 2015. Enskolpedia Pendidikan. Enskolpedia Pendidikan
Kesuma, Dharma. 2018. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : Rosda
Kemendiknas. 2010b. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional
Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan karakter startegi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo
Kristianto, Paulus . 2008. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yokyakarta: ANDI
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lembaga Alkitab Indonesia.2011.Alkitab.Jakarta:Lembaga Alkitab Indonesia
Lestari. 2016. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
Lizkona. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab . Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Muslich, masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi Dimensional. Jakarta: Budi Aksara
Nainggolan, Jhon. 2010. Menjadi Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: Generasi Info Media
Pasaribu,Andar. 2015. Aplikasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen yang Alkitabiah. Medan: Mitra
Ramayulis. 2012. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta : Kalam Mulia
Renita. 2006. Media Pengajaran. Bandung: Percetakan Sinar Baru
Said, Moh. 2017. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Surabaya: Temprina Media grafik
Sanjaya Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbais Kompetensi. Jakarta : Kencana
Setiadi. 2006. Pendidikan Karakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Soetjipto. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabetaz
Suyanto. 2010. Pendidikan karakter teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Tafsir, Ahmad. 2004. Filsafat Ilmu. Bandung : Rosda
Waluyo. 2008. Pendidikan Karakter. Bandung: Wacana Pria
Wahyudi. 2012. Mengajar Profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Zaenul, Agus. 2012. Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Jakarta: AR-Ruzz Media