Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dan Budi Pekerti dengan Tingkah Laku Peserta Didik Kelas V SD Negeri 173551 Laguboti Tahun Pembelajaran 2023/2024

Authors

  • Cristi Giovanni Sitompul Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Boho Parulian Pardede Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Goklas J Manalu Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Hasudungan Simatupang Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung
  • Maryska Debora Silalahi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i4.362

Keywords:

Teacher Personality Competence, Student Behavior

Abstract

The purpose of this study is to determine the positive and significant relationship between the PAK Teacher Personality Competition and Ethics and Student Behavior in grade V of SDN 173551 Laguboti for the 2023/2024 Academic Year. The method used in this study is a quantitative method with a descriptive approach. The population is the entire class V students of SD Negeri 173551 Laguboti which totals 54 people and this study is a population study. Data was collected with a positive closed questionnaire of 39 items, namely 19 items for variable X and 20 items for variable Y. The results of data analysis showed that there was a positive and significant relationship between teacher personality competence and the behavior of grade V students of SD Negeri 173551 Laguboti for the 2023/2024 academic year, as evidenced by the following data analysis:  1) A positive relationship test obtained a value of rxy = 0,559 > rtabel(a=0,05,n=54) = 0,226  thus it is known that there is a positive relationship between variable X and variable Y. 2) A significant relationship test obtained a value of tcal thitung= 4,856 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=52)=2,000  thus there is a significant relationship between variable X and variable Y. Thus Ha is accepted and H0¬ which says there is no relationship is rejected.

References

Agus. 2012. Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Andriantoni dan Nurdin. 2019. Profesi Keguruan. Jawa Barat : Raja Grafindo

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosuder Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, Jamal, Ma’mur. 2016. Buku Panduan Interelisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press

Aqib dan Sujak. 2016. Panduan Dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Irama Wydia

Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung : Yrama Widya

Brummelen. 2006. Berjalan Bersama Tuhan di Dalam Kelas, Pendekatan Belajar dan Mengajar Secara Kristen Edisi Ketiga. Jakarta : Universitas Pelita Harapan

Sidjabat, B.S 2009. Mengajar Secara Pofesional Mewujudkan Visi Guru Professional. Bandung: IKAPI

Sidjabat, B.S 2011. Membangun Pribadi Unggul Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter. Yokyakarta: ANDI

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful. 2010. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Gunarsa. 1991. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Gunawan. 2007. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, J. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasibuan, Efendi. 2015. Manajemen Pendidikan berbasis Character Building. Medan: Partama Mitra Sari

Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yokyakarta: ANDI

Homrighausen, E.G. 2012. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta. BPK. Gunung Mulia

Istarani dan Pulungan. 2015. Enskolpedia Pendidikan. Enskolpedia Pendidikan

Kesuma, Dharma. 2018. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : Rosda

Kemendiknas. 2010b. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional

Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan karakter startegi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo

Kristianto, Paulus . 2008. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yokyakarta: ANDI

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lembaga Alkitab Indonesia.2011.Alkitab.Jakarta:Lembaga Alkitab Indonesia

Lestari. 2016. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.

Lizkona. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab . Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Muslich, masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi Dimensional. Jakarta: Budi Aksara

Nainggolan, Jhon. 2010. Menjadi Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: Generasi Info Media

Pasaribu,Andar. 2015. Aplikasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen yang Alkitabiah. Medan: Mitra

Ramayulis. 2012. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta : Kalam Mulia

Renita. 2006. Media Pengajaran. Bandung: Percetakan Sinar Baru

Said, Moh. 2017. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Surabaya: Temprina Media grafik

Sanjaya Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbais Kompetensi. Jakarta : Kencana

Setiadi. 2006. Pendidikan Karakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Soetjipto. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabetaz

Suyanto. 2010. Pendidikan karakter teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Tafsir, Ahmad. 2004. Filsafat Ilmu. Bandung : Rosda

Waluyo. 2008. Pendidikan Karakter. Bandung: Wacana Pria

Wahyudi. 2012. Mengajar Profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Zaenul, Agus. 2012. Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Jakarta: AR-Ruzz Media

Published

2024-09-20

How to Cite

Cristi Giovanni Sitompul, Boho Parulian Pardede, Goklas J Manalu, Hasudungan Simatupang, & Maryska Debora Silalahi. (2024). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dan Budi Pekerti dengan Tingkah Laku Peserta Didik Kelas V SD Negeri 173551 Laguboti Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 2(4), 35–51. https://doi.org/10.55606/jutipa.v2i4.362

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)